pemrogramanmultimedia_4ia14_paper

1. Text Book :
• http://books.google.co.id/books?id=Ek6-nU5OuxQC&pg=PA6&dq=pemrograman+multimedia&cd=4#v=onepage&q=pemrograman%20multimedia&f=false
• http://books.google.co.id/books?id=GnkGHEvh8bYC&pg=PR5&dq=pemrograman+multimedia&lr=&cd=25#v=onepage&q=pemrograman%20multimedia&f=false

2. Slide presentasi pembelajaran :
• http://cobaberbagi.files.wordpress.com/2010/02/multimedia-interaktif-untuk-singkawang.ppt
• http://adab.uin-suka.ac.id/file_kuliah/Perangkat%20lunak%20Multimedia.ppt
• http://adab.uin-suka.ac.id/file_kuliah/Elemen%20Multimedia_03.pptx

3. Artikel di jurnal / proseding :
• http://bloggermagetan.dagdigdug.com/definisi-multimedia.html
• http://apmukti.staff.uns.ac.id/2009/04/14/apa-sih-multimedia/
• http://www.masaguz.com/search/Jurnal+UI
• http://www.ubaya.ac.id/courses/pk_multimedia/0/Program_Kekhususan_Multimedia.html
• http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
• http://www.detikinet.com/read/2010/02/23/071956/1304756/317/blackberry-siapkan-aplikasi-super

4. Contoh kasus dan solusinya :

Masalah Streaming Multimedia

Dalam melakukan streaming multimedia, untuk menghasilkan presentasi yang baik seringkali timbul kendala. Kendala-kendala yang dapat terjadi dalam melakukan streaming multimedia adalah sebagai berikut
1. BandwidthBandwidth sangat berpengaruh terhadap kualitas presentasi suatu data stream. Di samping kondisi jaringan juga mempengaruhi bandwidth, hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran data stream harus sesuai dengan kapasitas bandwidth jaringan. Untuk mengatasinya digunakan kompresi data dan penggunaan buffer.
2. Sinkronisasi dan delayAgar media yang berbeda sampai dan dipresentasikan pada user seperti aslinya, maka media tersebut harus tersinkronisasikan sesuai dengan timeline presentasi tersebut dan delay seminimal mungkin. Adanya kerugian sinkronisasi dan delay dapat disebabkan oleh kondisi jaringan yang buruk, sehingga mengakibatkan timeline presentasi menjadi kacau.
3. InteroperabilityIdealnya adalah presentasi yang kita buat harus dapat dimainkan oleh semua jenis client, CPU yang berbeda, sistem operasi yang berbeda, dan media player lainnya.
Khusus untuk masalah yang berhubungan dengan kondisi bandwidth jaringan dapat diatasi dengan menerapkan teknologi 3G. Teknologi ini dapat menyediakan lintasan data dengan kecepatan transfer yang tinggi.
Dengan menerapkan teknologi 3G diharapkan mampu menyelenggarakan video streaming dengan kualitas yang baik sekaligus menjadi alternatif untuk melakukan berbagai macam aplikasi seperti TV on demand, live TV, maupun belajar jarak jauh (e-learning).
Sumber :
http://mustikaweb.com/shoutcast-hosting/artikel/88-masalah-streaming-multimedia

1 comments:

I am very interested in the information contained in this post. The information contained in this post inspired me to generate research ideas.
Jurnal Rektek
Unimuda Sorong

 

Posting Komentar